Cerita Kuliah....!!! Tempat Download Softwere News,Game,Cheate, Membahas Tentang Informasi Terkini Dan update Tiap Hari.....!!!!

Jumat, 25 Oktober 2013

Membuat Aplikasi Sederhana Date & Time Serta OOP ( object Oriented Programing) pada Windows phone - 25 Oktober 2013

Selamat berjumpa lagi sobat-sobat A-Z,, sekarang kita berbagi kembali ilmu tentang Windows Phone Atau WP 7.1.
Kali ini kita akan membagi membagikan bagaimana cara membuat aplikasi Date & Time.


  1. Berikut kita akan menambahkan halaman untuk menampilkan layar emulator WP-7.1. tampilan desain menampilkan antarmuka phone sehingga memudahkan kita melihat desain yang kita hasilkan ketika proses pengembangan bagi yang sudah cukup mengenal Visual Studio maka panel ToolBox, solution Exploree, dan properties akan berada disekitar layar anda.
  2. Tambahkan sebuah Button dan TextBlock  dari ToolBox. Perhatikam ketika sebuah button kita pilih, terlihat garis kotak diluar border button tersebut. Area itu menunjukan area yang masih terkena kamampuan Touc dari button. semua control memiliki hal tersebut. Ubah  titletext di Xaml sesuai keingin anda.
  3.         Double klik di button akan menampilkan code-behind dari halaman yang sedang aktiv. Tambahkan fungsi untuk mengubah title nya dan masukkan scripnya.

    Jika sudah  Run program…. Maka akan muncul seperti gambar di bwah ini jika klik Button Show Time.

  4. Jika  kita ingin memisahkan antara tanggal dan jam kita bisa menambahkan scrip bawah ini,,
    Selanjutnya cara menambahkan tanggal atau hari… dengan scrip seperti di bawah ini…
    Oke sobat-sobat A-M mungkin yang sebelum – belumnya penempatan tanggal bulan dan tahun adalah default. Nah bagemana jika ingin menempatkan tanggal terlebih dahulu atau tahun terlebih dahulu.. ? gampang caranya seperti gambar dibawah..

  5. Ketikkan kode berikut ini di bagian event handler button..
  6. Selanjutnya kita dapat mencoba aplikasi sederhana yang sudah kita kerjakan. Untuk melakukan deployment dan  menjalankan aplikasi, kita dapan memilih antara menjalankan emulator atau di device windows phone 7.1 yang tersedia. Karena device nya sendiri belu tersedia maka kita pilih

    emulator untuk menjalankan aplikasi sederhana ini. Tekan F5 dan perhatikan hasil nya.
Jika kita melakukan deployment untuk pertama kali maka proses akan sedikit lama, namun tidak untuk yang kedua dan seterus nya selama emulator tidak kita nonaktifkan  ketikkan sembarang text ditextblock dan tekan button . page title akan muncul sesuai dengan text yang terdapat pada Textblock . 


----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Contoh
 berorientasi Objek misalkan Manusia. Dari objek manusia ada Attribut. Attribut itu terdiri dari tangan, kaki, baju, topi dll. Dan Behavior yang merupakan sifat dari objek tersebut misalnya dari manusia jalan kedepan, jalan mundur dll.
Jika objek mobil, dari objek mobil tersebut terdiri dari Attribut ban, stir, pintu dll. Dan behavior atau sifatnya adalah maju, mundur, belok kanan, belok kiri dll.
Dari penjelasan singkat di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa dalam sebuah pemrograman Attribut merupakan Variabel (member), dan Behavior merupakan Methode (fungsi).
Dalam sebuah pemrograman berorientasi objek ada juga istilah class.  Jika ada class maka ada objeck. Dan apa perbedaan class dan objek.
Class adalah konsep dan deskripsi dari sesuatu. Sedangkan objeck adalah instance dari Class.
Contoh :
Class : mobil
Object : mobil pak joko atau mobil ku.
Yang perlu dipahami.
Class = Method + Variabel.
Object = Method + Variabel Bernilai
Oke selanjutnya kita langsung masuk dalam visual studio untuk membuat class. Langsung new project dan beri nama project kita dengan UnderstandingClass.

Masukan Button dan diberi nama sesuai keinginan anda ,kalau saya beri nama button “showClassBT”. Dan beri nama content dengan Show Class. Langsung double clik pada Button tersebut untuk memasukkan fungsi .


kita akan membuat Class baru. Tujuan menghilangkan atau meng-hidden class sebelumnya adalah agar nantinya sang visual studio windows phone
Disini kita membuat Clas baru yaitu MotorCycle

Selanjutnya kita akan membuat property. Seperti gambar di bawah ini. 
Selanjutnya kita akan membuat method dalam kelar baru yang kita buat tadi.  Bagaimana cara membuatnya ? seperti gambar berikut….

Oke property sudah, method sudah selanjutnya kita akan membuat Object dari class yang telah kita buat sebelumnya yaitu class MotorCycle.
Kita unhidden kempali pada clas sebumnya yang tadi kita sembunyikan dan ketikan coding di bawah ini..


Di situ ada terdapat dua object yang berbeda dalam satu class.
sedikit penerangan tentang OOP ( object Oriented Programing) ?
Ok selanjutnya ada sedikit pembahasan lagi yaitu tentang bagaimana menggunakan Class sebagai data type.
Oke teman-teman A-M ,,hanya sebatas ini saja aku bisa berbagi ilmu atau tutorial dari aplikasi date & time dan OOP ( object Oriented Programing) yang saya pelajarin dan yang saya kerjakan selama saya belajar dalam masa perkuliahan, jika ada kesalahan saya mohon maaf ,,karena aku masih dalam pembelajaran yang saya kerjakan.,,masih dalam tahap latihan dasar ,,karena masih minim dalam pembelajaran saya.



Tidak ada komentar:

 

Archives

Template Information