Cerita Kuliah....!!! Tempat Download Softwere News,Game,Cheate, Membahas Tentang Informasi Terkini Dan update Tiap Hari.....!!!!

Kamis, 07 November 2013

Membuat Aplikasi Sederhana WP, Aplikasi Create button, Aplikasi NameSpace, & Collection pada WP 7.1 - 1 November 2013



Assalamua’alaikum teman-teman
apa Kabar semua Sahabat A-M, kita jumpa lagi dalam memberi tutorial cara pembuatan Aplikasi Sederhana pada Windows Phone 7.1 yang saya buat.
Disini ada beberapa projeck yang telah saya buat di antaranya sebagai berikut ;
1.       Craete Button
2.       UnderstadingNameSpace
3.       Collection
Disini project yang saya buat sangat sederhana dalam pembuatan nya , yang saya pelajarin di kampus saya, dalam pembelajaran tutorial ini kita hanya perlu belajar terus dan memahami suatu projeck yang kita buat sehingga mudah kita dalam pengerjaan nya.
Baik teman-teman, mungkin kalian pada penasaran seperti apa projeck nya saya buat ini , mari kita langsung saja kelangkah pengerjaan nya.
Dalam pengerjaan semua projeck ini semuanya sama dalam langkah awal nya yang kita buat seperti dibawah ini :

Projeck yang pertama :

  1.  Create Button

Oke kita akan Play in Create Button, di program  ini mengerti dulu elemen-elemen para template pada Windows Phone ini .
Maksud dari Create Button ini kita kan membuat button baru dangen menggunaka scrip atau percodingan, tanpa kita menggunakan ToolBox, karena setiap Elemen ini merupakan sebuah kelas.


-      Pertama kita buat dulu button nya kita gantikan nya menjadi “ADD ELEMEN” didalam nama ini kita bebas membuat sesuai projeck yang sobat buat.di karnakan elemen ini merupakan sebuah kelas.
-      Kedua kita buat textbox nya , lalu kita ganti nama alamat textbox tersebut, sehinggan= kita mudah dalam pembuatan nya, terus text nya di kosong kan.
-      Selanjutnya klik dua kali pada Button “ ADD ELEMEN” , sehingga kita masuk kedalam  Pada MainPage.Xaml.cs.


-       Masukkan Scrip Di bawah ini dengan benar, jika salah akan error pada program nya,jika ada yang erro kita klik pada error tersebut , maka akan tampil langsung pada elemen yang error.
-     Selesai dalam mebuat scrip nya kita cek kembali pada scrip nya , kemungkinan ada yang error,
-          Sekarang coba jalan kan emulator nya ,dan lihat hasil nya,



Dengan hasil projeck anda seperti pada gambar ini , dan tidak ada yang error ,maka projeck anda sudah benar, dan tinggal di perdalam kan kemabali.

Lanjut……. Projeck yang ke Dua….


Projeck Yang Kedua 

2.       Aplikasi NameSpace
Mari kita Play With NameSpace, didalam pembuatan program ini kita hanya perlu memahami apa isi dalam program yang kita buat .
Tanpa kita sadarin bahwa kita telah menggunakan NameSpace ini dalam dalam sehari-hari ini.
Maksud dari NameSpace  ini adalah sebuah cara untuk membuat sebuah cord, Namespace ini akan sangat berguna sekali ketika kode kita sudah membesar atau sudah banyak.
Misalkan  : ada dua nama yang sama , sehingga tidak ketukar, contoh : ( Jhon – bandung & jhon –Palembang, nama orang itu adalha nama class, dan nama alamat itu adalah Namespace nya).

Untuk NameSpace ini saya sudah membuat aplikasi yang saya beri nama UnderstandingNameSpace.
-          Pertama kita buat dulu button nya kita gantikan nya menjadi “sesuai keinginan anda” didalam nama ini kita bebas membuat sesuai projeck yang sobat buat.di karnakan elemen ini merupakan sebuah kelas.
-          Kedua kita buat dua textbox n , lalu kita ganti nama alamat textbox1 dan textbox2 tersebut, sehingga kita mudah dalam pembuatan nya, terus text nya di kosong kan.
-          Selanjutnya klik dua kali pada Button , sehingga kita masuk kedalam  Pada MainPage.Xaml.cs.
-          Masukkan Scrip Di bawah ini dengan benar, jika salah akan error pada program nya,jika ada yang erro kita klik pada error tersebut , maka akan tampil langsung pada elemen yang error.
-          Selesai dalam mebuat scrip nya kita cek kembali pada scrip nya , kemungkinan ada yang error,
-          Sekarang coba jalan kan emulator nya ,dan lihat hasil nya,

Selanjut nya------- Projeck Yang ketiga…




3.       Collection
Mari kita Play With Collection itu adalah merupakan sebuah koneksi, artinya bahwa collection ini teriri dari beberapa data,  misal kan kita Motor, moto itu ada banyak.
Didalam dunia programing , banyak data yang sama tetapi berbeda, bagaiaman kita melakukan koneksi untuk data-data tersebut, sehingga kita membutuhkan informasi akan mudah dalam mencari nya.

Untuk Collection ini saya sudah membuat aplikasi yang saya beri nama Collection.
-          Pertama kita buat dulu button nya kita gantikan nya menjadi “sesuai keinginan anda” didalam nama ini kita bebas membuat sesuai projeck yang sobat buat.dan ganti nama name nya pada scrip.


-          Kedua kita buat dua textblock , lalu kita ganti nama alamat textblocx tersebut, sehingga kita mudah dalam pembuatan nya, terus text nya di kosong kan.
-    Disini kita membuat kan Class terlebih dahulu untuk membuat apliaksi collection, Klik kanan pada nama projeck kita/ Collectin – pilih Add—Class, masukkan scrip nya di bawah ini ;

-   Selanjutnya klik dua kali pada Button , sehingga kita masuk kedalam  Pada MainPage.Xaml.cs.




-          Masukkan Scrip Di atas dengan benar, jika salah akan error pada program nya,jika ada yang erro kita klik pada error tersebut , maka akan tampil langsung pada elemen yang error.

-          Selesai dalam mebuat scrip nya kita cek kembali pada scrip nya , kemungkinan ada yang error,



Cukup hanya sigini saja yang bisa saya berikan kepada teman-teman A-M tentang cara membuat aplikasi sederhana pada Windows Phone 7.1 ini, disini saya juga masih dalam pembelajaran dalam pembuatan aplikasi ini, dan masih dalam tahap bimbingan dengan seorang dosen.

Tidak ada komentar:

 

Archives

Template Information